Senin, 25 April 2011

8 Band Rock Yang Religius


Ada banyak band di Indonesia yang membuat album religi dan mengaku bahwa mereka sangat religius. Tapi saya nggak akan ngomongin tentang band-band religi yang terkenal di Indonesia seperti Ungu, Gigi, Radja…dst. Band-band yang akan saya bahas ini adalah band yang sering saya dengarkan, dan belakangan, saat saya mencari informasi tentang band tersebut, diketahui bahwa band tersebut termasuk band yang religius. Ini bisa dilihat dari segi pembuatan lirik, tema lagu dan penampilan panggung mereka.

1. Flyleaf



Band dari Texas ini mempunyai vokalis cewek yang karismatik, vokalis ini berperan besar dalam pembuatan sebagian besar dari lagu-lagu mereka. Kebanyakan adalah berdasarkan pengalaman hidupnya dan apa yang dia rasakan saat itu. Walaupun beberapa fans maupun media menyebut mereka sebagai Christian Band, tapi Lacey(vokalis) menjelaskan bahwa, ya, mereka adalah orang kristen, tapi band mereka bukan benar-benar band kristen,walaupun kepercayaan mereka tentang kristen sangat mempengaruhi musik mereka.
Genre : Alternative-metal, Nu-Metal, Christian-Rock

2. Switchfoot

Sama seperti Flyleaf, band ini tidak mengkategorikan diri mereka sebagai Christian Band, namun didalam lirik band ini banyak sekali makna positif dan banyak diinterpretasikan oleh fans dan media sebagai puji-pujian bagi Tuhan. Jon Foreman-frontman dari band ini mengatakan ”Jika saya mencipta lagu dengan tujuan mendapatkan platinum atau agar terjual banyak, maka saya adalah manusia yang gagal, bagi kami, bekerja dengan cara menciptakan musik adalah salah satu cara kami berkomunikasi dan terhubung dengan banyak orang dari berbagai status atau jenjang sosial”. Well, thumbs up untuk Switchfoot. Saya harap mereka tetap menciptakan karya-karya yang mampu mempengaruhi hidup orang lain agar menjadi lebih baik, sesuai dengan jalan Tuhan tentunya.


Band ini berasal dari negeri kita sendiri, Indonesia. Para fans musik underground pasti sudah mengenal mereka. Band yang dibentuk pada tahun 1994 ini bahkan berani mengatakan bahwa inspirasi terbesar mereka adalah dari agama dan kitab suci. Apakah mereka propaganda dengan nama Islam??Bisa saya katakan. Ya. Dengan jelas mereka ingin mempengaruhi pendengar mereka, dengan berdakwah dengan musik. Tidak tanggung-tanggung, bahkan dengan musik yang bisa dibilang cadas dan sangar.   
Genre : Death metal (awal), Nu metal (saat ini)

4. The Afters
Mungkin band ini adalah band yang kurang populer dikalangan penggemar musik alternative pop-rock. Tapi lirik-lirik yang mereka buat membuat saya ingin memperkenalkan mereka kepada anda semua. Lirik yang positif dibalut dengan musik powerpop-alternative rock dengan nada-nada melodius yang easy listening ini digarap oleh anak-anak muda yang sangat religius. Joshua Havens and Matt Fuqua, Brad Wigg and Marc Dodd bekerja ditempat yang sama yaitu Starbucks di daerah Mesquite, Texas . Mereka adalah anak muda biasa, yang merasa harus menjalani kehidupan ini dengan positive thinking, dan terus maju menuju masa depan. Lagu seperti The Way You Are, menunjukkan kecintaan dan keyakinan mereka pada Tuhan.
Genre : Christian rock, alternative rock, Pop- Rock

5. The Almost

Dilahirkan dan dibesarkan dari keluarga Kristen menpengaruhi Aaron Gillespie, vokalis dari band ini membuat lirik-lirik yang religius. Ini dapat dilihat pada lagu-lagu hits mereka seperti Dirty and Left Out, Aaron jelas-jelas menggunakan nama Tuhan dalam liriknya. Aaron(sebagai drummer), yang band terdahulunya adalah Underoath juga merasa bahwa musik yang diciptakannya benar-benar untuk pemujaan pada Tuhan, berharap bisa mempengaruhi orang-orang Kristen agar bisa mempertahankan keyakinannya.
Genre : Alternative rock, indie rock, emo, punk pop

6. Anberlin
Band ini dibentuk pada tahun 2002, di Winter Haven, Florida, US. Well, rock band identik dengan sex, drugs and alcoholism, tapi bukan untuk band ini, ada cerita unik yang berhubungan denga idealisme mereka. Salah satu anggota mereka Joey Bruce(diposisi rfythm guitar) dikeluarkan dari band. Menurut Stephen Christian (sang vokalis), Joey mempunyai arah yang bertolak belakang dengan band, semua tentang dia adalah seks dan juga narkoba. Sama dengan Switchfoot dan juga Flyleaf, mereka tidak dengan jelas mengkategorikan diri mereka sebagai Christian Band, walaupun fans dan media mengatakan begitu. Mereka memang pernah berada di label kristen Tooth & Nail Records, tapi menurut Christian(sang vokalis), itu tidak membuat mereka menjadi Christian band. Christian mengatakan bahwa siapapun bisa mendengarkan musik mereka, dan juga mengakui ,”(iman saya) mempengaruhi setiap aspek kehidupan saya , tapi saya bukan pendeta, saya penghibur ".   

7. Fireflight
Band ini juga band yang dipunggawani oleh seorang cewek. Berbeda dengan band-band yang saya sebutkan diatas, band yang berasal dari Eustis, Florida in 1999 ini  justru dengan terang-terangan mengakui kalau mereka adalah Christian-Rock band. Band ini juga belum pernah disebut oleh media berbahasa Indonesia. Hits yang sangat kelihatan berisi lirik tentang Tuhan adalah “Name”. Musik mereka bisa dibilang agak mirip dengan Paramore, menggabungkan vokal yang sangat melodius, dengan rhythm yang lebih tebal.


8. Falling Up
Band ini juga jarang disebut di media yang berbahasa Indonesia, maka dari itu saya akan memperkenalkannya pada anda. Kalau anda penyuka indie-rock-ambient vibe, anda mungkin akan terbiasa mendengarkan lagu-lagu mereka. Dengan vokal yang bernada sendu, melodi yang catchy, petikan bass yang funky, ketukan bass yang energik ditambah dengan lirik yang sangat bijak dan dreamy layaknya 65 Days of Static atau bahkan Mew, musik mereka bisa dikatakan beraliran Experimental rock. Nama band ini berasal dari lagu pertama yang mereka tulis, yang merujuk kepada orang yang tidak sempurna, akan tetapi kasih dan karunia Tuhan mencukupi mereka. Selaras dengan nama mereka, lirik mereka sangat bertema dan berisikan puji-pujian akan rahmat dan anugrah Yang Kuasa. Hits religius yang bisa anda simak dari band ini adalah Broken Heart.
Genre : Experimental rock, Post-Grunge, Alternative Metal



gathered from:
www.sing365.com
www.wikipedia.com

Tidak ada komentar: